Rabu, 11 April 2012

[Tugas Minggu 4] Ibarat Membuat Struktur Organisasi sendiri dengan menyadur PT. Hero







 Struktur Organisasi

            Organisasi adalah suatu wadah yang terdiri dari sejumlah orang untuk mencapai suatu tujuan, oleh karena itu pengorganisasian suatu perusahaan itu penting, dengan menempatkan orang-orang yang tepat dibidangnya demi mencapai tujuan perusahaan.
            Adapun bentuk dari pada struktur organisasi PT. Hero Supermarket, akan dijelaskan sebagai berikut :
1.      RUPS diperankan oleh Angga
a.   Membuat Anggaran Dasar
      b.   Mengangkat dan memberhentikan Dewan Komisaris dan Direktur
      c.   Menetapkan arah, sasaran, dan tujuan jangka panjang perusahaan.

2.      Board of Commisioner diperankan oleh Heru
a.   Menentukan garis besar kegiatan perseroan
b.   Memberikan petunjuk kerja pada direksi setelah mendapatkan   persetujuan  dari RUPS.
c.   Mengawasi kegiatan perusahaan secara keseluruhan.
d.   Memberi nasehat-nasehat kepada pihak manajerial dibawahnya.

3.      Chief Executive Officer diperankan oleh Rendi
a.  Menentukan dan menetapkan strategi, tujuan utama dan kebijaksanaan    pengembangan perusahaan.
b.   Menyiapkan rencana dan anggaran serta aliran kas keuangan perusahaan.
c.    Menetapkan permodalan anggaran dan aliran kas keuangan perusahaan.
d. Menetapkan tugas, tanggung jawab dan wewenang setiap pejabat yang berada di bawah pimpinannya.
e.  Memberikan bimbingan dan pengarahan umum, saran-saran dan perintah kepada bawahan dalam rangka pelaksanaan tugas masing-masing bawahan.
f.    Mengawasi jalannya perusahaan dan mengadakan perubahan-perubahan yang diperlukan sejalan dengan kebutuhan akan perkembangan perusahaan.
g.   Mengkoordinasikan kegiatan unsur organisasi agar dapat berjalan lebih efisien dan efektif sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.
h.   Menentukan pengambilan keputusan terakhir untuk intern perusahaan dan untuk mewakili nama perusahaan.

4.Corporate Secretary and Legal diperankan oleh Fawaz
Mengatasi masalah yang berkaitan dengan hukum seperti mengurus ijin bangunan Hero, mengadakan kerja sama dengan pihak kontraktor.

5.      Internal Auditor diperankan oleh Azlan
Memeriksa system dan prosedur yang dilaksanakan serta keakuratan data-data yang dibuat oleh masing-masing divisi yang terkait dalam perusahaan.      

6.      Human Resources Director diperankan oleh Dheny
Bertanggung jawab atas program-program kegiatan kepegawaian.

7.      Employment Manager diperankan oleh Danang
Bertanggung jawab mengurus kegiatan perekrutan, penempatan, penilaian prestasi kerja dan pemberhentian karyawan.
8.Training & Development Manager
Bertanggung jawab atas pelatihan dan pengembangan karyawan.

8.      Office Manager diperankan oleh Dimas
a.    Logistik, mengatur perlengkapan dan prasarana operasional.
b.   Service, mengatur pengiriman barang dan keberadaan kendaraan operasional.

9.  Compensation & Human Resources Administration Manager diperankan oleh Wendy.
Memberikan dispensasi khusus dan mengatur jadwal training.

10.  Employe & Industrial Manager diperankan oleh Aditya
Bertanggung jawab atas kesejahteraan karyawan dan menangani praktek kerja lapangan karyawan.

Sisa nya Karyawan-karyawan yang di rekrut oleh PT Hero
 
11.  Finance Director
a.    Mengawasi pemasukan dan pengeluaran uang kas dan uang di bank.
b.   Menyetujui anggaran keuangan tiap bagian.
c.   Meminta laporan keuangan setiap bulan serta meneliti penyimpangan yang terjadi pada tiap anggaran keuangan tersebut.
d.  Bertindak sebagai penghubung kepada pihak ketiga, khususnya mengenai laporan pajak dan perbankan.
e.    Bertanggung jawab kepada direktur pengelola.

13.  Finance Manager
a.  Bertanggung jawab atas pengeluaran keuangan perusahaan yang menyangkut pada kebijaksanaan penggunaan dana atas segala kegiatan usaha.
b.   Merencanakan sumber-sumber keuangan.
c.  Mengatur pengalokasian dan penggunaan dana-dana.
d.   Bertanggung jawab untuk memberikan informasi keuangan dan hasil produksi.

14.  Accounting Manager
Bertanggung jawab atas kegiatan pencatatan, penggolongan, peringkasan, dan penyajian laporan keuangan perusahaan.

15.  Payroll Manager
Bertanggung jawab atas pembayaran gaji karyawan.

16.  Regional Accounting Manager
Bertanggung jawab atas kegiatan akuntansi untuk cabang-cabang diluar wilayah Jabotabek.

17.  Merchandising & Marketing Director
a.  Bertanggung jawab atas keseluruhan kegitan pemasaran produksi.
b.   Memperkenalkan Produk baru.
c.    Melaksanakan survei pasar atas produk.
d.   Merencanakan dan menyelenggarakan semua kegiatan pemasaran dan penjualan hasil produksi.
e.  Menyelenggarakan semua kegiatan penelitian dan pengembangan pemasaran.

18.  Fresh Food General Manager
Bertanggung jawab terhadap pengadaan barang dagang dalam bentuk makanan segar untuk supermarket.

19.  Grocery General Manager
Bertanggung jawab terhadap pengadaan barang dagang dalam bentuk grocery untuk supermarket.

20.  Marketing General Manager
Bertanggung jawab terhadap pengadaan program promosi dalam rangka peningkatan penjualan.

21.  Food Service General Manager
Bertanggung jawab dalam mengontrol kelayakan suatu barang yang akan dijual.

22.  Distributor & Logistik General Manager
Bertanggung jawab atas kegiatan pendistribusian dan logistik perusahaan.

23.  Operation Director
a.               Merencanakan garis besar aktivitas perusahaan.
b.   Mengawasi pelaksanaan aktivitas perusahaan yang telah ditentukan.
c.               Memutuskan pembukaan outlet baru pada Chief Executive Office.

24.  Regional Operation 1 Manager
Bertanggung jawab atas kegiatan operasional untuk supermarket Hero dalam wilayah Jabotabek.



25.  Regional Operation 2 Manager
Bertanggung jawab atas kegiatan operasional untuk supermarket Hero dalam wilayah Jabotabek.

26.  Regional Operation 3 Manager
Bertanggung jawab atas kegiatan operasional untuk supermarket Hero untuk wilayah Jawa dan luar Jawa.

27.  Area Manager Store
a.               Mengkoordinir semua bagian yang ada dalam semua outlet.
b.   Memeriksa laporan dari tiap-tiap bagian yang ada untuk disampaikan pada divisi operasional.
c.   Membuat keputusan mengenai keperluan-keperluan supermarket seperti dalam hal jumlah pegawai, penyesuaian harga, mengatur jadwal promosi, dll.

28.  Store Manager
Bertugas dan berwenang memimpin outlet dan mengkoordinir serta mengawasi pelaksanaan operasional dari semua divisi di supermarket tersebut.

29.  General Affairs Director
Bertanggung jawab atas hal-hal umum kegiatan perusahaan.

30.  Formalities Manager
Bertanggung jawab terhadap kegiatan yang bersifat formal seperti kegiatan yang berhubungan dengan lembaga masyarakat.

31.  Extern Public Relation Coordinator
Bertanggung jawab terhadap kegiatan yang bersifat eksternal, misalnya membina hubungan dengan media massa.

32.  Speciality Retail General Manager
Bertanggung jawab atas kegiatan diversivikasi produk Hero dalam berbagai bentuk.

33.  Mitra Operation Manager
Bertanggung jawab atas kegiatan operasional toko Mitra.

34.  Star Mart Manager
Bertanggung jawab atas kegiatan operasional toko Star Mart.

35.  Guardian Manager
Bertanggung jawab atas kegiatan operasional toko Guardian.

36.  Speciality Brand Manager
Bertnggung jawab atas kegiatan operasional toko Speciality Brand.

37.  Information Technology General Manager
Bertanggung jawab atas kebutuhan teknologi IT pada perusahaan, mengembangkan dan menerima laporan perkembangan teknologi IT dari IT development.


38.  IT Development Manager
Mengembangkan teknologi IT serta melakukan prototyping.

39.  IT POS & Support Manager
a.   Mengatasi kerusakan maupun kekeliruan yang terjadi pada system komputer.
b.   Bertanggung jawab atas pentransferan data dari pusat ke cabang atau dari cabamg ke pusat.

40.  Property & Project General Manager
Mengadakan sarana dan prasarana bagi pendirian cabang baru.

41.  Site Development Manager
Bertanggung jawab terhadap perencanaan, penentuan, lokasi tanah dan bangunan cabang yang baru.

42.  Planning & Design manager
Bertanggung jawab atas perencanaan dan tata design ruangan.

43.  Repair Maintenanche Manager
Bertanggung jawab atas kegiatan pemeliharaan dan perbaikan bangunan perusahaan seperti : peralatan listrik, air, dan peralatan perusahaan lainnya.

44.  Proccurenment Manager
Bertanggung jawab mengatur dan mengkoordinir pengadaan barang-barang untuk melaksanakan kegiatan operasional cabang perusahaan yang baru.
45.  Property & Operation manager
Mengatur dan mengawasi pelaksanaan pembangunan cabang yang baru.
46.  Lease Marketing manager
Membina hubungan kerja sama dengan pihak lain dalam rangka memanfaatkan kapasitas lebih dari ruangan.

47.  Loss Prevention Manager
Bertanggung jawab menyelidiki masalah yang menimbulkan kerugian serta mencari tindakan lanjutnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar